OPERASIONALISASI LAYANAN ORIENTASI

SISTEMATIKA OPERASIONALISASI LAYANAN

Perencanaan
Menetapkan objek orientasi
Menetapkan peserta layanan
Menetapkan jenis layanan
Menyiapkan fasilitas
Menyiapkan kelengkapan administrasi

Pelaksanaan
Mengorganisasikan kegiatan layanan
Menyelenggarakan pendekatan dan teknik

Evaluasi
Menetapkan materi evaluasi
Menetapkan prosedur evaluasi
Menyusun instrument evaluasi
Mengaplikasikan instrument evaluasi
Mengolah hasil aplikasi instrument

Analisis hasil evaluasi
Menetapkan sarana / standar analisis
Melakukan analisis
Menafsirkan hasil analisis

Tindak lanjut
Menetapkan jenis dan arah tindak lanjut
Mengkomunikasikan rencana pada pihak terkait
Melaksanakan rencana tindak lanjut

Laporan
Menyusun laporan layanan orientasi
Menyampaikan laporan kepada pihak terkait
Mendokumentasikan laporan layanan

OPERASIONALISASI LAYANAN ORIENTASI
(PENGENALAN EKSTRA KULIKULER SEKOLAH)

Perencanaan
Sebelum melaksanakan kegiatan layanan, konselor membuat rencana tentang kegiatan yang akan dilaksanakan.
Objek orientasi : “PENGENALAN EKSTRA KULIKULER KEPADA SISWA BARU DI SMA N 2 BANDAR LAMPUNG TA 2011/1012”
Peserta layanan : seluruh siswa baru kelas X.
Jenis layanan : orientasi.
Fasilitas : konselor sebagai narasumber sekaligus pembimbing.
Kelengkapan administrasi : konselor menyiapkan materi yang akan disampaikan dan membuat angket untuk di isi
oleh peserta layanan.

Pelaksanaan
Struktur organisasi :
Penanggung jawab : Kepala Sekolah
Pelaksana : Konselor sebagai pembimbing
Peserta : Seluruh siswa baru SMA

Jadwal kegiatan : hari/tanggal : Senin, 10 Oktober 2011
Watu : 07.30-09.00
Tempat : ruang kelas X.1

Pendekatan dan teknik.
Format kegiatan : Klasikal
Konselor memberikan materi kepada peserta layanan dengan memasuki tiap kelas siswa baru secara bergantian.
Teknik : Penyajian berupa ceramah, pembimbing / konselor mendeskripsikan masing-masing ekskul kepada peserta layanan dan membuka sesi tanya jawab.
Media : media yanga digunakan dapat berupa Audio Visual atau Laptop beserta LCD.

Evaluasi
Evaluasi dilakukan agar dapat mengetahui seberapa efektif kegiatan ini berlangsung.
Konselor menetapkan materi evaluasi berupa :
Pengenalan ekskul sekolah
Keaktifan peserta
Program kegiatan
Prosedur evaluasi :
Melakukan kegiatan
Pengisian angket
Pengamatan hasil kerja

Instrumen evaluasi

ANGKET AKTIVITAS PESERTA LAYANAN DALAM KEGIATAN DI DALAM KELAS

Petunjuk : berilah tanda silang (X) pada huruf SS (Sangat Sesuai), S (Sesuai), KS (Kurang Sesuai), TS (Tidak Sesuai), dan STS (Sangat Tidak Sesuai), sesuai dengan tingkat kesesuaian di bawah ini dengan diri anda.
NO PERNYATAAN Alternatif Jawaban
SS S KS TS STS
1. Informasi yang diberikan guru pembimbing begitu besar manfaatnya bagi saya dalam menentukan pilihan ekstrakulikuler.
2. Guru pembimbing memberikan informasi dengan tepat sehingga saya mudah memahaminya.
3. Saya sudah puas dengan penjelasan guru pembimbing dan tidak ragu untuk memilih kegiatan ekstrakulikuler.
4. Saya selalu mendengarkan penjelasan guru pembimbing.
5. Saya selalu bertanya kepada guru pembimbing jika ada kesulitan.
6. Guru pembimbing telah membantu saya menemukan ekstrakulikuler yang tepat.
7. Program kegiatan ini sangat bagus dan menyenangkan.
8. Kegiatan ini perlu di adakan setiap tahunnya.
Konselor membagikan angket kepada peserta layanan.
Hasi dari pengaplikasian instrument yang berupa angket di kumpulkan kembali kepada guru pembimbing untuk dianalisis.

Analisis hasil evaluasi
Standar analisis :
Pensekoran
Jika dijawab SS (Sangat Sesuai) skor 5
Jika dijawab S (Sesuai) skor 4
Jika dijawab KS (Kurang Sesuai) skor 3
Jika dijawab TS (Tidak Sesuai) skor 2
Jika dijawab STS (Sangat Tidak Sesuai) skor 1
Skor max : 40
Skor min : 8
Konselor membuat standart persentase agar dapat mengetahui keefektifan kegiatan layanan.
80 % – 100 % = Sangat baik
60 % – 79 % = Baik
40 % – 59 % = Cukup
20 % – 39 % = Kurang
0 % – 19 % = Sangat Kurang
Analisis
Stelah angket dikumpulkan, konselor menilai hasil kerja dengan standar nilai yang telah ditetapkan. Setelah itu konselor mencari persentase keberhasilan kegiatan yang berlangsung.

Berdasarkan angket dari 40 siswa, terkumpul jumlah skor 1200.
Rata rata skor siswa : Χ ̅= (∑▒x)/Ν
Keterangan (Χ ) ̅ = angka rata-rata nilai
∑ Χ = jumlah skor
N = Jumlah Responden
Mencari rata-rata nilai
Diketahui : ∑ Χ = 1200
N = 40 , jadi (Χ ) ̅ = 1200/40 = 30
Koefisien = Χ ̅/SMi x 100% dengan (Χ ) ̅= rata-rata hitung
SMi = Skor Maksimal Ideal

Jadi koefisiennya = 30/40 x 100% = 75 %
Dari hasil analisis, ternyata kegiatan ini 75 % berhasil, dan mendapat tanggapan baik dari peserta layanan. Sebagian besar peserta layanan tidak ragu dan cukup percaya diri menanyakan hal-hal yang kurang dipahaminya.

Tindak lanjut
Kegiatan ini bagus untuk dilaksanakan tiap tahunnya agar siswa baru mengenal ekstrakulikuler sekolah.
Konselor mengkomunikasikan kegiatan dengan Kepala Sekolah dan penanggungjawab Ekskul agar pada tahun berikutnya kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan variatif.
Melakukan kegiatan serupa di tahun yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s