OPERASIONALISASI LAYANAN INFORMASI

SISTEMATIKA OPERASIONALISASI LAYANAN
Perencanaan
Mengidentifikasi kebutuhan akan informasi bagi subjek (calon) peserta layanan.
Menetapkan materi informasi sebagai isi layanan
Menetapkan subyek sasaran layanan
Menetapkan nara sumber
Menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan
Menyiapkan kelengkapan administrasi

Pelaksanaan
Mengorganisasikan kegiatan layanan
Mengaktifkan peserta layanan
Mengoptimalkan penggunaan metode dan media

Evaluasi
Menetapkan materi evaluasi
Menetapkan prosedur evaluasi
Menyusun instrumen evaluasi
Mengaplikasikan instrumen evaluasi
Mengolah hasil aplikasi instrumen

Analisis hasil evaluasi
Menetapkan norma / standar analisis
Melakukan analisis
Menafsirkan hasil analisis

Tindak lanjut
Menetapkan jenis dan arah tindak lanjut
Mengkomunikasikan rencana pada pihak terkait
Melaksanakan rencana tindak lanjut

Laporan
Menyusun laporan layanan informasi
Menyampaikan laporan kepada pihak terkait
Mendokumentasikan laporan layanan

OPERASIONALISASI LAYANAN INFORMASI
(PENGENALAN EKSTRA KULIKULER SEKOLAH)

Perencanaan
Sebelum melaksanakan kegiatan layanan, konselor mengidentifikasikan informasi apa yang akan diberikan kepada peserta layanan. Dalam layanan ini akan diberikan informasi tentang syarat dan ketentuan pendaftaran ekskul.
Materi informasi berupa syarat pendaftaran dan ketentuan yang berlaku dalam masing masing ekskul.
Peserta layanan : seluruh siswa baru kelas X.
Narasumber : koordinator ekskul
Prosedur layanan : nara sumber menjelaskan materi informasi kepada seluruh peserta layanan, dengan membagikan brosur kepada peserta layanan. Jika peserta sudah mengerti informasi dan ekskul apa yang ingin diikuti, peserta dipersilahkan untuk mendaftar kepada masing masing penanggung jawab ekskul. Konselor hanya sebagai pembimbing dan fasilitator.
Konselor beserta penanggungjawab ekskul menyiapkan formulir pendaftaran dan brosur yang akan digunakan.

Pelaksanaan
Struktur organisasi :
Penanggung jawab : Kepala Sekolah
Pembimbing : Guru BK
Pelaksana : Koordinator ekskul
Peserta : Seluruh siswa baru SMA

Jadwal kegiatan : hari/tanggal : Senin, 10 Oktober 2011
Watu : 07.30-09.00
Tempat : ruang kelas X.1

Konselor beserta nara sumber merencanakan teknik pemberian materi agar para peserta aktif dalam mengikuti kegiatan. Teknik tersebut dapat berupa tanya jawab seputar ekskul yang ada di sekolah.
Sebisa mungkin konselor menerapkan metode layanan dan memanfaatkan media yang sedah tersedia dengan baik dan benar. Metode layanan dapar berupa susunan kegiatan dan format kegiatan klasikal serta penggunaan media brosur, poster, dan video.

Evaluasi
Evaluasi dilakukan agar dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman peserta dengan informasi yang di berikan.
Konselor menetapkan materi evaluasi berupa :
Pemahaman peserta terhadap informasi yang diberikan
Keaktifan peserta dalam mengikuti kegiatan
Prosedur evaluasi :
Melakukan kegiatan layanan
Pengisian angket
Pengamatan peserta layanan

Instrumen evaluasi

ANGKET PEMAHAMAN PESERTA LAYANAN DALAM KEGIATAN DI DALAM KELAS

Petunjuk : berilah tanda silang (X) pada huruf SS (Sangat Sesuai), S (Sesuai), KS (Kurang Sesuai), TS (Tidak Sesuai), dan STS (Sangat Tidak Sesuai), sesuai dengan tingkat kesesuaian di bawah ini dengan diri anda.
NO PERNYATAAN Alternatif Jawaban
SS S KS TS STS
1. Informasi yang diberikan dapat dengan mudah dipahami.
2. Informasi yang diberikan cukup memuaskan.
3. Saya mengetahui semua ektrakulikuler di sekolah.
4. Prosedur pendaftaran dan syarat ketentuan mudah dipahami.
5. Setelah menerima informasi, saya akan mencari penanggung jawab ekskul untuk meminta formulir pendaftaran.
6. Saya selalu mendengarkan penjelasan guru pembimbing.
7. Saya selalu bertanya kepada guru pembimbing jika ada kesulitan.
8. Saya sudah memiliki pandangan untuk memilih ekskul.
Konselor membagikan angket kepada peserta layanan.
Hasi dari pengaplikasian instrumen yang berupa angket di kumpulkan kembali kepada guru pembimbing untuk dianalisis.

Analisis hasil evaluasi
Standar analisis :
Pensekoran
Jika dijawab SS (Sangat Sesuai) skor 5
Jika dijawab S (Sesuai) skor 4
Jika dijawab KS (Kurang Sesuai) skor 3
Jika dijawab TS (Tidak Sesuai) skor 2
Jika dijawab STS (Sangat Tidak Sesuai) skor 1
Skor max : 40
Skor min : 8

Konselor membuat standart persentase agar dapat mengetahui keefektifan kegiatan layanan.
80 % – 100 % = Sangat baik
60 % – 79 % = Baik
40 % – 59 % = Cukup
20 % – 39 % = Kurang
0 % – 19 % = Sangat Kurang

Analisis
Stelah angket dikumpulkan, konselor menilai hasil kerja dengan standar nilai yang telah ditetapkan. Setelah itu konselor mencari persentase keberhasilan kegiatan yang berlangsung.

Berdasarkan angket dari 40 siswa, terkumpul jumlah skor 1200.
Rata rata skor siswa : Χ ̅= (∑▒x)/Ν
Keterangan (Χ ) ̅ = angka rata-rata nilai
∑ Χ = jumlah skor
N = Jumlah Responden

Mencari rata-rata nilai
Diketahui : ∑ Χ = 1200
N = 40 , jadi (Χ ) ̅ = 1200/40 = 30
Koefisien = Χ ̅/SMi x 100% dengan (Χ ) ̅= rata-rata hitung
SMi = Skor Maksimal Ideal

Jadi koefisiennya = 30/40 x 100% = 75 %
Dari hasil analisis, ternyata 75 % peserta layanan memahami informasi yang disampaikan oleh narasumber dan banyak siswa yang aktif dan antusias untuk mengikuti ekskul.

Tindak lanjut
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, konselor menyerahkan siswa kepada pembina ekskul yang diminati. Tentu saja koselor memberikan penjelasan sedikit mengenai ekskul tersebut agar siswa terpancing rasa ingin tahunya dan mau mendatangi pembina ekskul.
Konselor telah membicarakan kegiatan alih tangan tersebut dengan masing-masing pembina ekskul agar bakat siswa terbina dengan baik.
Penyerahaan tanggung jawab kepada masing-masing koordinator ekskul agar dapat membina siswa dengan baik. Jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, konselor siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s